Blog Post


Cari Makan Terdekat di Bawah 30 Ribu ?
Download Foodierate App

Perayaan Festival China Moon Cake: Panduan Cara Memilih Kue Bulan Kekinian – Jenis Yang Mana Punyamu?

Festival Kue Bulan (Moon Cake)

Moon Cake Festival merupakan salah satu perayaan terbesar dalam tradisi kebudayaan China. Perayaan Moon Cake Festival jatuh pada setiap tanggal 15 bulan ke-8 dalam kalender China. Di tahun 2018, Perayaan Festival Kue Bulan jatuh pada tanggal 24 September.

Apa Itu Festival Kue Bulan dan Apa Tujuan Merayakannya?

Festival Kue Bulan adalah perayaan memberikan penghormatan kepada Dewi Bulan, di mana setiap tanggal 15 dalam sebulan, bulan akan menjadi bulan purnama (bulan yang penuh dan bentuknya bulat sempurna). Hal ini melambangkan tradisi kebersamaan dan kerukunan.

Perayaan biasanya dimulai di malam hari saat matahari telah terbenam. Para warga menikmati penuhnya bulan purnama dengan menatap bulan, menikmati makan kue bulan (mooncake/tiong ciu pia) sambil ditemani cahaya dari lampion, dengan suguhan sepoci teh.

Cek Kesiapanmu untuk Menyambut Festival Kue Bulan Tahun Ini.

Moon Cake Festival tahun ini jatuh pada tanggal 24 September 2018.

Oh wow, sudah dekat..

Sudah Siap Beli Moon Cake Kekinian? Mau Beli Yang Jenis Apa Saja?

Mau Diberikan Kepada Siapa Saja Hadiah Kue Bulannya?

Yuk, susun daftar orang-orang yang mau diberikan hadiah Tiong Ciu Pia ini.



Berikut beberapa checklist dan pertimbangan yang bisa membantu teman-teman sekalian untuk memilih jenis kue bulan yang seperti apa:

Cara Pilih Kue Bulan Kekinian

Bentuk Kue Bulan (Moon Cake/Tiong Ciu Pia)

Moon cake biasanya berbentuk kue bulat atau persegi, dengan ukuran diameter sekitar 10 cm dan ketebalan kue sekitar 3-4cm. Kue terdiri dari 2 lapisan, lapisan kulit dan lapisan isi. Lapisan kulit biasanya tipis, sekitar 2-3 mm. Lapisan isi berisi pasta yang tebal dan padat. Isi pasta kue bulan bervariasi, ada yang isi pasta kacang merah, pasta kacang wijen hitam, pasta lotus putih dengan kombinasi telur asin.

Versi original dari kue bulan berisi pasta kacang merah, kacang hitam, atau kacang hijau.

Dalam perkembangannya, aneka versi kue bulan muncul.

 

Pemahaman akan jenis-jenis kue bulan membuat kita bisa memilih dengan tepat kue bulan yang sesuai dengan kesukaan kita/orang-orang yang mau kita hadiahi.

Cara Pilih Kue Bulan/Mooncake sesuai kesukaan:

KRITERIA 1:  Pengen Yang Rasa MANIS SAJA atau ada CAMPURAN RASA MANIS ASIN atau MANIS PAHIT atau bahkan MANIS PEDAS?

Mau Yang Rasa MANIS SAJA?

Pilihan 1: Bahan kacang: kacang merah, kacang wijen hitam, kacang hijau (tradisional)

Moon cake dengan pasta kacang merah, kacang hitam, atau kacang hijau memiliki lapisan isi pasta yang tebal, biasanya terasa manis dan halus pastanya.

Makan moon cake jenis ini dengan secangkir teh, cara menikmati sensasi kue bulannya.

Pilihan 2: Bahan biji: Biji bunga Lotus (tradisional)

Moon cake dengan bahan biji bunga Lotus adalah jenis mooncake yang tradisional. Karena harga biji bunga Lotus yang mahal, kue bulan dengan lapisan isi ini merupakan bahan yang mewah.

Pilihan 3: Bahan coklat (pengembangan rasa baru)

Perpaduan antara rasa dari barat dan timur. Kulitnya terbuat dari coklat, isinya bisa berupa: oats, biskuit Oreo.

Pilihan 4: Bahan teh hijau (green tea) (pengembangan rasa baru)

Moon cake dengan lapisan isi dari daun teh hijau segar, memberikan sensasi rasa teh hijau yang wangi dan enak.

Pilihan 5: Buah: durian, nenas, melon madu, lici, kiwi (pengembangan rasa baru)

Moon cake dengan lapisan isi berupa buah-buahan asli dari durian, nenas, melon madu, lici, kiwi atau dari selai buah.

Pilihan 6: Es krim (pengembangan rasa baru)

Moon cake dengan rasa es krim, enak dan menyegarkan, dengan varian es krim seperti: vanilla, strawberry, coklat, tiramisu, matcha (green tea), dengan lapisan kulit biasanya terbuat dari coklat.

Pilihan 7: Charcoal (pengembangan rasa baru)

Moon cake dengan lapisan kulit dari bahan charcoal (arang) dan lapisan isi yang variatif, bisa berisi biji bunga lotus dengan kombinasi telur asin. Charcoal memiliki manfaat kesehatan: mengurangi kadar racun.

Pilihan 8: Bird nest (pengembangan rasa baru)

Moon cake dengan lapisan kulit dari bahan sarang walet (bird nest). Sarang walet merupakan superfood, yang memiliki banyak manfaat kesehatan, di antaranya: meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memiliki kandungan anti-aging yang kuat, awet muda dan memiliki manfaat kecantikan bagi wanita.

 

Mau yang Sensasi Rasa MANIS dengan ASIN?

Pilihan 1: Lima Jenis Kacang dan Biji dan Babi Panggang / Five kernel and roast pork (tradisional)

Kue bulan dengan isi kombinasi lima jenis kacang dan biji serta babi panggang merupakan jenis moon cake ala tradisional. Lima jenis kacang dan biji biasanya berisi: kacang almond, kacang walnut, biji kundur, wijen, dan biji labu. Lima jenis kacang dan biji ini dicampur dengan babi panggang. Hasilnya enak, ada sensasi rasa manis bercampur asin.

Pilihan 2: Kuning Telur Asin Angsa / Salted Duck Egg Yolk (tradisional)

Moon cake dengan penggunaan bahan campuran telur asin di dalam lapisan isi pasta kue bulan. Bisa ke dalam pasta kacang: kacang merah, kacang wijen hitam, atau kacang hijau dengan kuning telur asin angsa atau campuran dari biji bunga lotus dengan kuning telur asin angsa.

Kue bulan dengan campuran telur asin ini memiliki rasa yang paling unik. Ketika menggigit kuenya terasa manis, tapi ketika kue dikunyah, akan muncul sensasi rasa asin nan gurih yang ditimbulkan dari rasa kuning telur asin.  

Pilihan 3: Krim keju    

Moon cake krim keju biasanya berisi lapisan kulit yang unik berupa kulit renyah (crispy) dengan nuansa lapisan isi yang kental akan rasa susu dan keju. Campuran rasa krim, susu, dan keju membuat perpaduan rasa yang seimbang antara rasa manis dan ada sensasi rasa asin-asinnya.

Pilihan 4: Makanan laut (seafood): lobster, udang, abalone, rumput laut

Moon cake dengan lapisan isi berupa campuran kacang dan biji dengan campuran makanan laut (seafood), seperti: udang, lobster, abalone, rumput laut. Campuran rasanya lebih condong ke arah ASIN. Jika Anda kurang menyukai rasa manis, moon cake rasa ini bisa menjadi salah satu pilihan.

 

Mau yang Sensasi Rasa MANIS dengan PAHIT?

Pilihan: Lava karamel dan kopi

Moon cake dengan lapisan isi kopi dan karamel, paduan rasa manis-pahit yang unik.

Mau Yang Sensasi Rasa MANIS dengan PEDAS?

Pilihan: Moon Cake Sambal Udang

Moon Cake dengan bahan campuran pasta biji bunga lotus dengan sambal udang kering, menimbbulkan rasa MANIS dengan sensasi PEDAS.

 

KRITERIA 2: Pengen Yang PANAS atau DINGIN?

Moon cake JENIS PANAS atau DINGIN mengacu kepada perbedaan  jenis lapisan kulit dari kue bulan.

Moon cake jenis PANAS berupa kue bulan yang berisi lapisan kulit yang pembuatannya dengan cara dipanggang terlebih dahulu. Sedangkan, moon cake dengan jenis DINGIN merupakan kue bulan yang berisi lapisan kulit yang pembuatannya dengan cara dibekukan, atau yang dikenal dengan sebutan SNOW SKIN MOON CAKE. Moon cake jenis DINGIN ada 2, yaitu jenis snow skin moon cake dan jenis moon cake yang biasa dengan isi moon cake berupa es krim.

Lapisan kulit Snow Skin Mooncake terbuat dari beras ketan yang dibekukan, berwarna putih, tampak seperti salju putih. Dalam perkembangannya, jenis snow skin moon cake ini bisa ditambahkan jus ke lapisannya sehingga bisa tampak berwarna-warni. Isinya bisa berupa yang manis seperti: pasta kacang, biji bunga lotus, atau ada campuran asinnya dengan tambahan telur asin.

Lapisan kulit JENIS Snow Skin Mooncake ini juga bisa berupa jelly, yang terbuat dari bahan agar-agar dengan variasi rasa buah.


TAMBAHAN PERTIMBANGAN UNTUK PEMILIHAN MOON CAKE JIKA KUE BULAN-NYA UNTUK HADIAH

Jika kue bulan-nya untuk dihadiahkan kepada orang, maka:

Perhatikan KEPADA SIAPA kue bulan ini mau diberikan?

Perhatikan usia dan hubungan dengan orang itu, apakah orang itu adalah orang yang di-tua-kan/senior dalam hubungan keluarga/kerabat.

Kepada siapa kue bulan ini mau diberikan?

Pemberian kue bulan sebagai hadiah bagi kerabat merupakan simbol keberuntungan kepada keluarga, teman, kolega kerja dan bisnis Anda serta berupa doa dan harapan baik bagi mereka yang menerima agar senantiasa mendapatkan rezeki, kesehatan, dan kesuksesan.

 

Perhatikan Makna Simbol Bahan dalam Moon Cake

Biji bunga teratai melambangkan simbol kebahagiaan, sementara telur merupakan lambang kesuburan.

 

Bagi orang yang di-tua-kan, pemilihan moon cake dengan rasa biji bunga teratai dengan kombinasi telur asin merupakan lambang simbol kebahagiaan dan kesuburan, mendoakan harapan baik bagi orang yang menerima pemberian kue bulan ini.

 

KRITERIA 3: Perhatikan pemilihan moon cake-nya: MAU WARNA APA?

Ada beragam warna kue bulan yang bisa dipilih: warna coklat, kuning, hijau, putih, hitam, dan warna-warna lainnya.

Warna moon cake yang aman adalah moon cake warna coklat. Warna coklat adalah warna moon cake yang netral, bisa diterima oleh semua usia.

KRITERIA 4: Perhatikan Elemen Feng Shui pada ukiran kue

Kue bulan merupakan kue khas dari China yang berbentuk bulat atau persegi. Pada bagian atas kue bulan, tercetak karakter huruf China, gambar bunga, akar rambat, kelinci, atau dewi bulan.

Bentuk ukiran pada kue bulan biasanya berupa ukiran dengan feng-shui nama yang memiliki arti.

Bisa pilih bentuk huruf atau ukiran yang melambangkan nama kemakmuran (prosperity), keberuntungan (luck), kebahagiaan (happiness). Biasanya dengan doa dan harapan-harapan yang baik, orang yang menerima hadiah kue bulan ini akan sangat senang menerimanya.

KRITERIA 5: Perhatikan Nama Brand Pada Kue Bulan Yang Dibeli

Koleksi nama brand melambangkan prestige.

Dalam perkembangannya di zaman sekarang, di atas kue yang berupa ukiran, biasanya terdapat simbol perusahaan atau merk pembuat kue bulan tersebut. Hal ini juga menandakan prestige bagi orang yang menerimanya.

Contoh:

Untuk kue bulan yang dikeluarkan oleh perusahaan Starbucks, maka ada simbol logo Starbucks di atas kue.

Untuk kue bulan yang dikeluarkan oleh Shangri-La Hotel, ada nama restoran JIA di atas moon cake-nya.

 

REKAP PANDUAN PILIH MOON CAKE:

1. RASA Apa: MANIS, ASIN, PAHIT, PEDAS .. ?

2. PANAS atau DINGIN .. ?

3. WARNA Apa .. ?

4. Ukiran Kue Gambar/Huruf Feng Shui Apa .. ?

5. NAMA BRAND Apa .. ?

 

Perkembangan Tradisi Kue Bulan Zaman Dulu vs Kekinian

Moon Cake Jadul vs Moon Cake Kekinian

Awalnya, kue bulan digunakan untuk persembahan arwah leluhur/dea. Penghormatan terhadap dewa dan leluhur, biasanya pada hari ke 15 setiap bulan dalam kalender China.

 

Dalam perkembangannya, kue bulan menjadi sebuah tradisi untuk menikmati bulan penuh di tanggal ke 15 bulan ke 8 dalam kalender penanggalan China, ditemani dengan sepoci the panas di bawah sinar rembulan pada malam hari, berkumpul bersama keluarga, sanak family, kerabat, dan teman-teman untuk berbagi rasa dan menikmati rasa kebersamaan dan kebahagiaan.

 

Pemberian kue bulan sebagai hadiah juga merupakan penghormatan terhadap keluarga yang dituakan (senior), bos,  kerabat kerja ataupun mitra bisnis.

 

Kue bulan sudah menembus batas ritual karena dalam perkembangannya sekarang, kue bulan sudah bisa dinikmati oleh siapapun.

 

Selamat Memilih Kue Bulan Yang Sesuai dengan Seleramu dan Kue Bulan yang Cocok untuk Diberikan kepada Kolega.

Happy Moon Cake Festival.

Makan Apa Hari Ini? Cek menu-mu di foodierate.com 


Cari Makan Terdekat di Bawah 30 Ribu ?
Download Foodierate App

Foodierate

Foodierate adalah tempat untuk mengecek menu dan harga menu secara online masing—masing restoran sebelum pergi makan.

Check Online Menu & Price at Foodierate Before Eating Out.

Cari makan terdekat di sekitarmu menjadi begitu gampang.
Gunakan Foodierate App untuk mencari menu makanan terdekat, restoran terdekat, promo restoran terdekat, mall/foodcourt terdekat.

Video Kuliner: