Blog Post


Cari Makan Terdekat di Bawah 30 Ribu ?
Download Foodierate App

Mengubur Taylor Swift - Inikah Misteri di Balik Lagu Terbaru 2017 “Look What You Made Me Do”?

Taylor Swift Mengubur Taylor Swift?

Taylor Swift mengubur Taylor Swift lama dan melahirkan Taylor Swift baru.

                                                                                      Foto: Taylor Swift Vevo

Lagu Taylor Swift 2017 terbaru ini memakai banyak simbol dan perumpamaan, serta mengundang banyak misteri.

Lagu “Look What You Made Me Do” dibuka dengan simbol huruf “TS” yang melambangkan inisial nama Taylor Swift.


Taylor Swift yang memakai gaun Met Gala Dinner 2014 lama dikubur oleh Taylor Swift yang bangkit dari kubur, dalam bentuk zombie seperti makhluk di film “Walking Dead”, yang memakai gaun yang sama dengan gaunnya yang di lagu “Out of the Woods”.


Selain mengubur dirinya sendiri yang lama di lagu “Look What You Made Me Do”, Taylor Swift juga mengubur nama samarannya dalam lagu ciptaannya bersama Calvin Harris “This Is What You Came For”. Nama samarannya adalah Nils Sjoberg, yang tertulis di salah satu nisan.

Di nisan juga tertulis “Here Lies Taylor Swift’s Reputation”, yang melambangkan nama album terbarunya “Reputation” sekaligus mencerminkan Taylor Swift mem-flash back semua kejadian dan reputasi dia yang lama, membunuh semua karakter dan reputasi dia yang lama, dan melahirkan reputasi Taylor Swift yang baru.


Bentuk dirinya yang lama dan flash back kejadian dalam cerita Taylor Swift yang lama dipresentasikan dalam bentuk simbol-simbol berupa barang ataupun gambaran fenomena perseteruan yang terjadi dalam kehidupannya dalam beberapa tahun belakangan ini.


Tema flashback kejadian terhadap dirinya sendiri dan fenomena perseteruan yang terjadi dalam kehidupannya dalam beberapa tahun belakangan ini yang di-highlight di Lagu ‘Look What You Made Me Do’:

1.       Keseluruhan tema lagu banyak diwarnai dengan simbol ular

Simbol ular adalah representasi terhadap perseteruannya dengan Kim Kardashian dan reputasinya yang berubah dari seorang American Sweetheart menjadi seorang yang sangat berbisa (seperti ular).

Istilah ular ini dipopulerkan oleh Kim Kardashian, dengan Kim mem-posting emoticon ular dalam rangka hari National Snake Day.

Session singgasana Taylor Swift yang penuh dengan ular, beserta pernak-pernik kalung, gelang, anting, yang penuh dengan kreasi ular.


2.       Gaya Kendall Jenner dalam acara rutinnya berupa sesi teh

Di dalam singgasana ular juga ada sesi minum teh, ini adalah sindiran terhadap kebiasaan Kim dan keluarganya yang suka minum teh, dan gaya Taylor Swift dalam menyeduh teh menyerupai gaya Kendall Jenner berikut.

Foto Kendall Jenner ini, yang berpose dalam sesi ritual teh yang biasa dilakukannya, dengan gaya kaki diselimpangkan dan gaya rambut lurus khas Kendall Jenner. Ada hal yang tidak biasa dalam foto Kendall Jenner ini. Kendall Jenner memegang sebotol air mineral, bukan cangkir teh.

Di dalam botol air mineral ini, ter-spot kemungkinan isinya seperti teh yang sangat ringan (warna teh sangat bening menyerupai air), dimasukkan ke dalam botol air mineral. Ini mengisyaratkan pose Kendall Jenner yang seperti lagi bergosip.

Foto Kendall Jenner ini dijadikan inspirasi (atau bahan sindiran?) dalam video klip terbaru lagu ‘Look What You Made Me Do’-nya Taylor Swift.

Dalam sesi video klip yang bagian Taylor sedang duduk di singgasana ular dengan sesi ular sedang menuang teh, gaya busana, tatanan rambut yang lurus (beda dengan tatanan rambut Taylor Swift yang biasanya) menyerupai Kendall Jenner, dan gaya duduk dengan paha bersila yang persis pose Kendall Jenner dalam sesi ritual teh (foto di atas).


3.       Angka 13

Taylor Swift di singgasana dengan 12 ekor ular di belakang singgasana, dengan Taylor Swift sendiri adalah lambang simbol ular ke-13.

Angka 13 juga terdapat dalam ukiran tangan Taylor Swift dalam salah 1 karakter lamanya yang kemudian dikubur olehnya.

Angka 13 juga ada dalam kalung yang dipakai oleh  leopard yang duduk di sebelahnya dalam mobil emas, scene settingan Katy Perry.

Angka 13 dipercaya sebagai angka ritual keberuntungan bagi Taylor Swift.

Seperti dijelaskan dalam wawancara Taylor Swift dengan MTV, Taylor Swift menjelaskan bahwa angka 13 sangat berarti bagi karirnya dan angka 13 adalah angka keberuntungannya. Taylor selalu menggambar angka 13 di tangannya sebelum pertunjukan.


Kejadian kebetulan yang terjadi yang berhubungan dengan angka 13 baginya:

a. Taylor Swift lahir pada tanggal 13 Desember 1989.

b. Umur 13 tahun Taylor Swift jatuh pada hari Jumat di tanggal 13 (Yang terkenal dengan sebutan Friday the 13th).

c. Album lagu pertamanya menjadi album emas pada minggu ke-13.

d. Lagu pertamanya memiliki intro 13 detik.

e. Setiap kali Taylor Swift memenangkan penghargaan, dia selalu duduk di tempat duduk ke-13, di baris ke-13, di tempat duduk bagian ke-13 atau di baris huruf M (yang adalah huruf ke-13 dalam urutan abjad).


4.       Sindiran terhadap ‘Tilted Stage’ nya Kanye West, pertunjukan Kanye West selama Tour Saint Pablo di tahun 2016 lalu.

Hal ini terlampir dalam lirik lagunya ‘Don’t like your tilted stage’.


5.       Kursi singgasana dengan nama Et Tu Brute

Di kursi singgasana yang diduduki Taylor Swift, ada tulisan ‘Et Tu Brute’, yang dalam literatur Shakespeare, Raja Julius Caesar pada waktu itu sangat meng-highlight perkataan ini, dengan arti: ‘Kamu Juga, Brutus?’. Hal ini mengacu kepada pengkhianatan terhadap dirinya, di mana dia ditusuk mati dari belakang, dan Julius Caesar mengenali temannya Brutus juga ada dalam keramaian orang yang menusuknya.

Taylor memperingati teman-temannya yang tidak berada di sisi dia untuk fenomena perseteruannya selama tahun 2016.


6.       Uang $1 dalam bathtub-nya yang penuh dengan berlian

Uang $1 melambangkan kemenangan kasusnya melawan David Mueller, radio DJ,  dalam kasus pelecehan seksual terhadapnya. Di sini Taylor Swift tidak membutuhkan uang lawannya, dia hanya ingin menegakkan keadilan.


7.       Sindir Katy Perry

Dengan dandanan dalam gaun khusus motif loreng-loreng khas Katy Perry, seperti penampilan Katy Perry di lagu ‘Waking Up in Vegas’, dengan tatanan rambut tampak seperti Katy Perry (poni di depan, kunciran ekor kuda yang tinggi di belakang), dengan sindiran pegang Piala Grammy yang tidak pernah dimenangkan oleh Katy Perry. Taylor Swift memenangkan 10 Piala Grammy, sedangkan Katy Perry belum pernah memenangkan 1 Piala Grammy Awards (hanya masuk sebagai nominasi). Sindiran dilengkapi dengan setting-an scene di dalam mobil warna emas seperti Katy Perry di video klip lagu ‘Waking Up in Vegas’.


8.       Sindiran kepada Stream.Co

Scene di lagu: Taylor Swift dengan krunya masuk merampok ke dalam perusahaan Stream.Co dengan menggunakan topeng kucing sambil membawa tongkat pemukul bola baseball.

a. Topeng bergambar kucing merupakan sindiran terhadap para penggemar Katy Perry yang dinamakan Katy Cats.

b. Tongkat pemukul bola baseball mirip dengan scene Beyonce dalam video klip lagunya ‘Lemonade’.

c. Perusahaan Stream.Co yang dirampok Taylor Swift dan krunya melambangkan kasus perseteruannya dengan perusahaan Apple di tahun 2015 karena Apple menolak untuk membayar royalti kepada artis baru selama periode trial 3 bulan pertama.


9.       Sindiran terhadap Patung Mannequin dari bahan plastik

Barisan dalam model mannequinnya ini melambangkan sindiran terhadap Kanye West’s Yeezy Model, yang selalu berbaris dalam barisan lurus menghadap ke depan, model dalam jumlah yang banyak, dan seperti patung mannequin yang dikontrol.


10.   Gambar Kucing dalam Topeng Kucing yang dipakainya saat merampok bank Stream.Co dan penayangan slide gambar kucing di Squad U.

Sindiran terhadap Katy Cats, para penggemar Katy Perry.

Sekaligus juga, Taylor Swift adalah penggemar kucing. Kedua kucingnya, Olivia dan Meredith, juga masuk dalam branding dirinya.


11.   8 penari latar Taylor Swift membawa kembali kenangan akan 8 hubungan percintaan Taylor Swift yang terkenal dan dipantau media.

Ke-delapan orang itu adalah:

a.       Joe Jonas: Juli s/d Oktober 2008 (hubungan 4 bulan).

b.      Taylor Lautner: Agustus s/d November 2009 (hubungan 4 bulan).

c.       John Mayer: November 2009 s/d Februari 2010 (hubungan 4 bulan).

d.      Jake Gyllenhaal: Oktober s/d Desember 2010 (hubungan 3 bulan).

e.      Conor Kennedy: Juli s/d Oktober 2012 (hubungan 4 bulan).

f.        Harry Styles: Desember 2012 s/d Januari 2013 (hubungan 2 bulan).

g.       Calvin Harris: Maret 2015 s/d Juni 2016 (hubungan 16 bulan).

h.      Tom Hiddleston: Juni s/d September 2016 (hubungan 4 bulan).

Ke semua penari latar ini memakai baju T-shirt: ‘I Love TS’, yang berarti I Love Taylor Swift dan memakai sepatu hak tinggi seperti wanita (inikah sindiran terhadap ke-8 mantan-mantannya?).


12.   Kejadian Bom Outlet berinisial ‘TS’

Taylor Swift mem-bom dirinya sendiri, membom dirinya yang lama, dan muncul dengan tampilan baru, Taylor Swift dengan potongan dan dandanan rambut yang mirip dengan Katy Perry, dan membawa seekor harimau (bukan kucing lagi?).


Penutup Video

Ini adalah bagian klimaks dari peran Taylor Swift sebagai pihak yang menjadi korban/pihak teraniaya dalam kasus perseteruan dengan Kanye West dan Kim Kardashian. Dimulai dengan kejadian ketika Kanye West memotong pidato Taylor Swift di tahun 2009 pada saat menerima penghargaan sebagai ‘Video Wanita Terbaik’ dari MTV Video Music Awards. Pada saat itu, Kanye West mengatakan bahwa Beyonce-lah yang seharusnya menang, bukan Taylor Swift.

Karenanya, di video klip lagunya yang ini ‘Look What You Made Me Do’, Taylor Swift menghadirkan kembali adegan pada saat dia menerima penghargaan ini, rekonstruksi dengan gaun yang sama dan di tanggannya sedang memegang piala penghargaan, tetapi dengan pidato yang berbeda: ‘I would very much like to be excluded from this narrative, one I never asked to be a part of’. Ini adalah ucapan terkenal dari Taylor Swift yang ditulisnya setelah Kim Kardashian merilis rekaman percakapan Snapchat antara Taylor Swift dengan Kanye West mengenai lagu ‘Famous’.


 Makan Apa Hari Ini? Cek menu-mu di foodierate.com 


Cari Makan Terdekat di Bawah 30 Ribu ?
Download Foodierate App