Blog Post


Cari Makan Terdekat di Bawah 30 Ribu ?
Download Foodierate App

Yang Unik dari Kuliner Makanan Khas Surabaya Yang Dicicipi Dian Sastro di Film "Aruna dan Lidahnya"

Film Aruna dan Lidahnya mengisahkan perjalanan kuliner, konspirasi, cinta, dan persahabatan dari 4 orang, yaitu: Aruna (Dian Sastro) yang suka makan, Bono (Nicholas Saputra) yang adalah tukang koki yang suka nguprik resep otentik makanan, beserta Nadezha (Hannah Al Rashid), penulis dan kritikus makanan, beserta  Farish (Oka Antara), yang merupakan teman kantor Aruna di tempat kerja lama.

                                                                                  Foto: Aruna dan Lidahnya

Ada 5 kota wisata kuliner dalam Film “Aruna dan Lidahnya”, yaitu: Surabaya, Pamekasan (Madura), Pontianak, SIngkawang, dan Jakarta.

Kuliner yang dicoba Aruna dan timnya di Surabaya, yaitu:

1. Rawon Iga

Kota pertama tempat persinggahan Aruna (Dian Sastro) dan teman-temannya, yaitu: Bono (Nicholas Saputra), Farish (Oka Antara), dan Nadezha (Hannah Al Rashid) adalah Surabaya. Sesampainya di Surabaya, Aruna dan kawan—kawannya langsung mencoba makanan Rawon Iga Sapi, dengan topping telur asin.

        

                                                                                 Foto: Depot Anda Fit


Yang Unik:

Rawon Iga adalah makanan berupa sup tulang iga, dengan ciri khas berupa kuah berwarna hitam. Kuah hitam ini berasal dari bahan kluwek.

Supaya lebih nikmat, kuah rawon bisa disantap dengan ditemani sambal yang pedas. Panasnya kuah bercampur dengan pedasnya sambal memberikan rasa tak terlupakan yang nikmat dan panas bagi tubuh.


2. Rujak Soto

Rujak Soto merupakan paduan makanan yang unik antara rujak sayur dan soto. Rujak sayur terdiri dari beragam sayuran yang diberi bumbu rujak (bumbu kacang).

                                                                                                               Foto: eddy.9un

Yang Unik:

Cara makan rujak soto, rujak sayur yang dibumbu kacang disiram dengan kuah soto, sehingga tercampur rasa bumbu kacang di dalam kuah soto.

Makanan rujak soto ini sebenarnya adalah makanan khas dari daerah Banyuwangi, Jawa Timur. Hanya saja, dalam Film “Aruna dan Lidahnya”, tampak Dian Sastro mencicipi makanan ini di Surabaya.


3. Wedang Kacang Kuah/Kacang Kowa

Wedang Kacang Kuah = Kacang Kuah + Cakwe

Jajanan minuman kuah hangat yang berupa wedang kacang kuah, terdiri dari: wedang kacang (kacang dengan kuah kental jahe dan santan), yang dilengkapi dengan topping cakwe goreng.

                                                                           Foto: reezma_purnama

Yang Unik:

Biasanya cara makan wedang kacang kuah ini ditambahkan lagi dengan topping tauwa (kembang tahu), yang dikenal dengan nama Kacang Kowa.

Wedang Kacang Kowa = Tauhue (Tauwa/Tahwa/Kembang Tahu) + Kacang Kuah + Cakwe


4. Madu Mongso

Madu Mongso merupakan kudapan khas dari Jawa Timur, seperti di daerah Blitar dan Madiun. Di film “Aruna dan Lidahnya”, tampak Aruna beserta teman-temannya makan kudapan ini di Surabaya.

                                                                               Foto: bu_ulin77

Yang Unik:

Madu Mongso terbuat dari ketan hitam, santan, dan gula. Karena rasanya manis seperti rasa madu, maka dinamakan madu mongso.


Baca Juga:

4 Menu Kuliner Aruna Yang Bisa Dipesan di Bioskop Waktu Nonton Film "Aruna dan Lidahnya"
Cari Makanan Seperti di Film "Aruna dan Lidahnya" di Area Terdekat-mu?

Cari Makan Terdekat di Bawah 30 Ribu ?
Download Foodierate App

Foodierate

Foodierate adalah tempat untuk mengecek menu dan harga menu secara online masing—masing restoran sebelum pergi makan.

Check Online Menu & Price at Foodierate Before Eating Out.

Cari makan terdekat di sekitarmu menjadi begitu gampang.
Gunakan Foodierate App untuk mencari menu makanan terdekat, restoran terdekat, promo restoran terdekat, mall/foodcourt terdekat.

Video Kuliner: