Blog Post


Cari Makan Terdekat di Bawah 30 Ribu ?
Download Foodierate App

Perbandingan Harga Kuliner versus Gaji Tahun 1980 dengan 2018: Lebih Beruntung Hidup di Tahun Berapa?

Lebih Beruntung Hidup di Zaman Yang Harga Makanannya Lebih Mahal, Lho..

Ga Percaya?!? Ini Hitungan Matematikanya..


Belakangan ini, public dibikin geger dan iri dengan daftar harga makanan dari sebuah warung makan di tahun 1980-an yang diunggah oleh akun instagram @serba_serbi.djadoel.

Bagaimana tidak geger dan iri, harga kuliner di tahun 1980 ini sungguh sangat murah sekali, contohnya untuk nasi putih hanya seharga 150 perak, nasi rames hanya seharga 400 perak, soto babat dan soto ayam hanya 350 perak, soto mie, bakso sapi, ketoprak, gado-gado lontong, dan kelapa muda hanya hanya 250 perak.

Coba bayangkan, untuk harga kuliner di tahun sekarang ini (2018), contohnya untuk nasi putih saja harus merogoh kocek seharga 5000 perak, belum lagi seperti nasi rames, soto babat, soto ayam, dan bakso sapi seharga kisaran 16 ribu, sedangkan untuk bangsa seperti soto mie, ketoprak, gado-gado lontong, dan kelapa muda seharga kisaran 12 ribu.

Waduh, kalau untuk harga nasi putih di tahun 1980 yang hanya seharga 150 perak, dibandingkan dengan harga 5000 perak, bisa dapat 33 bungkus nasi putih. Bener bisa untuk mentraktir makan orang sekampung.

Wah, betapa murahnya….

Tapi, eits, jangan salah, harga makanan juga harus dibandingkan dengan pendapatan di tahun yang sama. Untuk gaji UMR di tahun 1980-an sekitaran 16 ribu perak, bisa mendapatkan nasi putih sebanyak 107 bungkus.

Sedangkan, jika dibandingkan dengan gaji UMR pada tahun 2018 di kisaran 3 juta-an, makan bisa mendapatkan nasi putih sebanyak 600 bungkus.

Wah, walaupun jauh lebih mahal harga nasi putih sekarang, akan tetapi kok kalau dibandingkan dengan pendapatan, masih bisa beli lebih banyak.

Usut punya usut, ternyata perkembangan pendapatan dari tahun 1980 ke tahun 2018 bertambah banyak, yaitu sebanyak kisaran 187.5 kali (Rp 3 juta / Rp 16 ribu); sedangkan bila dibandingkan dengan perkmebangan harga makanan, contohnya nasi putih, hanya sekitar 33 kali (Rp 5 ribu / Rp 150 perak).

Karena perkembangan pendapatan (187.5 kali) lebih besar daripada kenaikan harga makanan (33 kali), maka jika netizen hidup di zaman sekarang (tahun 2018) dengan pendapatan gaji UMR tahun 2018, maka akan dapat menikmati lebih banyak makanan kuliner.

Yes… Gaessss…. Berarti Lebih Beruntung Dunk, Kalo Hidup di Zaman Tahun 2018 Ini…


Baca Juga:

Cari Makan Soto Terdekat di Area-mu

10 Tempat Makan Ayam Pedas Tidak Biasa, No. 7 Hanya 11 Ribu

10 Tempat Makan Mie Pedas Yang Tidak Bikin Kocekmu Jebol

12 Strategi Makan Hemat di Tanggal Tua

Cari Makan Terdekat di Bawah 30 Ribu ?
Download Foodierate App

Foodierate

Foodierate adalah tempat untuk mengecek menu dan harga menu secara online masing—masing restoran sebelum pergi makan.

Check Online Menu & Price at Foodierate Before Eating Out.

Cari makan terdekat di sekitarmu menjadi begitu gampang.
Gunakan Foodierate App untuk mencari menu makanan terdekat, restoran terdekat, promo restoran terdekat, mall/foodcourt terdekat.

Video Kuliner: