Blog Post


Cari Makan Terdekat di Bawah 30 Ribu ?
Download Foodierate App

Jika Ke Pontianak, Ngopi di Warung Kopi Mana Yang Terenak dan Legendaris?

Tidak sah ke Pontianak, jika tidak ngopi di warung kopi berikut. Saking uniknya, para penggemar warung kopi ini bahkan memborong bubuk kopi warkop-warkop legendaris ini dan bikin sendiri racikan kopinya di rumah. Saking legendarisnya, ada warung kopi yang sudah dibuka sejak zaman Indonesia belum merdeka, yaitu sejak tahun 1935.


Deretan warung kopi terenak dan legendaris, yang dikenal selalu ramai sejak jam bukanya di dini hari, yang wajib dikunjungi jika ke Pontianak adalah Warung Kopi Djaja, Warung Kopi Suka Hati, Warung Kopi ASIANG, dan Warung Kopi Aming (Aming Coffee).


1. Warung Kopi Djaja (1935)

Mulai buka: Sejak Tahun 1935

Usia di Tahun 2019: 84 Tahun

Warung Kopi Djaja merupakan warung kopi tertua di Pontianak, sudah ada sejak zaman Indonesia belum merdeka (sejak tahun 1935).


Apa Yang Unik dari Warung Kopi Djaja?

Yang Enak dari Warung Kopinya:

Pisang goreng, keladi goreng, dan roti bakar srikaya merupakan menu yang enak jika bertandang ke warung kopi ini, dengan nilai unik terletak di olahan selai srikayanya yang dibuat sendiri oleh yang punya.

Menu WAJIB COBA di warung kopi ini adalah selai srikayanya.

Yang Unik dari Warung Kopinya:

Interior dan nuansa warung kopinya yang benar-benar melambangkan warung kopi tertua, lengkap dengan nuansa tua dan orisinal dari zamannya yaitu dari tahun 1930-an.


Lokasi Warung Kopi Djaja

Jalan Tanjung Pura No. 23, Pontianak Kota

Jam Buka: 04.30 – 23.00

Fasilitas: Free WiFi


Harga Bubuk Kopi Djaja dan Selai Srikaya Djaja

Bubuk kopi Djaja bisa dibeli dalam kemasan 1 ons s/d 1 kg. Ada 2 jenis bubuk kopi Djaya, yaitu: Bubuk Kopi Kampung dan Bubuk Kopi Istimewa.

Harga bubuk kopi kampung lebih tinggi sedikit daripada harga bubuk kopi istimewa.

Bubuk kopi kampung kemasan 100 gram (1 ons) seharga Rp 8.000, kemasan 200 gram seharga Rp 16.000, kemasan 500 gram (1/2 kg) seharga Rp 38.000, kemasan 1 kg (1000 gram) seharga Rp 75.000.

Bubuk kopi istimewa kemasan 100 gram (1 ons) seharga Rp 7.500, kemasan 200 gram seharga Rp 15.000, kemasan 250 gram (1/4 kg) seharga Rp 18.000, kemasan 500 gram (1/2 kg) seharga Rp 35.000, kemasan 1 kg (1000 gram) seharga Rp 70.000.


2. Warung Kopi Serikaya Suka Hati (1942)

Mulai buka: Sejak Tahun 1942

Usia di Tahun 2019: 77 Tahun


Mengapa Warung Kopi Suka Hati Ramai?

Warung Kopi Suka Hati terkenal dengan kenikmatan rasa srikayanya. Srikaya ini biasa dioleskan di pisang goreng atau roti. Secangkir kopi hitam atau kopi susu dengan roti atau pisang goreng srikayanya menyuguhkan rasa yang sangat nikmat, sungguh suatu padanan yang pas, dengan rasa kopi yang sedikit pahit bercampur dengan manisnya srikaya.

Menu WAJIB COBA di warung kopi ini adalah selai srikayanya.

Selai srikaya dari Warung Kopi Suka Hati ini terkenal sangat enak, karena terbuat dari campuran telur bebek, gula, dan kelapa.


Lokasi Warung Kopi Suka Hati

Jalan Tanjung Pura No. 17, Pontianak Kota

Jam Buka: 05.30 – 17.00


Harga Bubuk Kopi Suka Hati dan Selai Srikaya Suka Hati

Bubuk kopi Suka Hati dan selai srikaya-nya bisa dibeli dengan harga sbb:

Bubuk Kopi Asli Suka Hati, dengan harga 1 ons kopinya Rp 7.000, kopi 2 ons seharga Rp 14.000, kopi 2.5 ons seharga Rp 17.500, dan kopi 1 kg seharga Rp 70.000.

Srikaya Suka Hati, dengan harga srikaya kemasan kecil Rp 15.000, srikaya kemasan sedang Rp 25.000, dan srikaya kemasan besar Rp 35.000.


3. Warung Kopi ASIANG (1958)

Mulai buka: Sejak Tahun 1958

Usia di Tahun 2019: 61 Tahun


Mengapa Warung Kopi Asiang Terkenal?

Yang Unik dari Warung Kopinya:

Kutipan yang legenda dari sang barista warung kopi ASIANG: “Kalau saya pakai baju, itu artinya saya lagi tidak buka warung kopi.”

Ikon “barista tidak berbaju” adalah ikon yang unik dari Warung Kopi Asiang. Sang barista tidak berbaju penyeduh kopi di Warung Kopi Asiang adalah pemiliknya sendiri, yang dikenal dengan nama sebutan Ko Asiang.

Yang Enak dari Rasa Kopinya:

Kopi Asiang memiliki cita rasa yang unik. Racikan rahasia dari bartender tidak berbaju ini unik dank has, dan tidak ada yang mengetahui resep rahasianya.

Menu WAJIB COBA di Warung Kopi ini adalah kopi hitam dan kopi susu.


Lokasi Gerai Warung Kopi ASIANG:

Jalan Merapi, Pontianak Selatan

Jam Buka: 03.00 – 17.00

Fasilitas: Free WiFi


Bubuk Kopi ASIANG

Jika tidak sempat mampir ke gerai kopi ini, ada bubuk kopinya yang bisa dibeli.

Bubuk kopi ASIANG ini tersedia di supermarket lokal Pontianak, seperti di: Matahari Mall, Transmart Carrefour Pontianak dan di toko oleh-oleh di Bandara Supadio Pontianak.


4. Warung Kopi Aming (1970)

Mulai buka: Sejak Tahun 1970

Usia di Tahun 2019: 49 Tahun


Apa Yang Membuat Kopi Aming Populer?

Yang Enak dari Rasa Kopinya:

Aroma kopi yang khas dan harum karena dibikin dari kopi robusta segar yang diracik sendiri, dan harga yang ramah di kantong semua kalangan, yaitu kopi hitam yang hanya seharga Rp 5.000 dan kopi susu yang hanya seharga Rp 7.000 – Rp 8.000, serta fasilitas WiFi gratis yang menjadikan warung kopi Aming begitu ramai.


Kopi Aming diracik dengan menggunakan kopi robusta dari Sumatera, yang memiliki ciri kopi robusta dengan ukuran yang lebih kecil daripada kopi robusta dari daerah lain, dan dari Kubu Raya (Kalimantan Barat). Ciri khasnya: racikan kopinya memiliki cita rasa unik dan harum. Di setiap suguhan cangkir kopinya, ada biji kopi yang ditaburi di atasnya.


MENU WAJIB COBA di warung kopi ini adalah racikan kopi hitam dan kopi susunya.


Yang Unik dari Warung Kopinya:

Desain interior berupa gerai tradisional (di 2 lokasi) dan gerai modern (di 5 lokasi).


Di gerai tradisional benar-benar menyuguhkan interior desain khas zaman dulu dengan peralatan kopi yang tradisional dan atraksi barista yang menyuguhkan kopi dengan peralatan ketel kopi tradisional yang diangkat tinggi ke atas.


Di gerai modern menyuguhkan nuansa ngopi dengan interior zaman sekarang yang nyaman, tetap ada dengan atraksi bartender yang memperagakan cara menyeduh kopi dan susu dengan diangkat tinggi ke atas, hanya saja dengan interior, peralatan kopi yang jauh lebih modern.


 

Sejarah Kopi Aming Yang Legendaris dari Tahun 1970

Kopi Aming dimulai sejak tahun 1970, yang pada saat itu menjual kopi dalam bentuk kopi bubuk Aming. Baru pada tahun 2002, Kopi Aming mulai membuka usaha warung kopi. Gerai pertama Kopi Aming adalah yang berlokasi di Jalan Haji Abbas.



Lokasi Gerai Warung Kopi Aming

Sampai dengan tahun 2019 ini, ada 7 lokasi Warung Kopi Aming, dengan 2 warung kopi pertama yang dipertahankan dengan gaya warung kopi tradisional khas seperti pada saat pertama kali warung kopi ini dibuka, yaitu Warung Kopi Aming yang di Jl. H. Abbas I No. 157 dan Warung Kopi Aming yang di Jl. Ilham No. 1, Sungai Bangkong, Pontianak Kota.


Lima gerai kopi modern Aming Coffee ada di Transmart Carrefour Pontianak Jl. Arteri Supadio dan di Bandara Internasional Supadio, di Jl. Alianyang Singkawang, di Transmart Carrefour Yasmin Bogor Lantai GF, dan di Summarecon Mall Serpong, Tangerang.



Bubuk Kopi Aming

Jika tidak bisa mampir ke lokasi outlet Warung Kopi Aming ini, kita juga bisa membeli bubuk kopi Aming untuk diseduh sendiri di rumah. Bubuk Kopi Aming bisa didapatkan melalui pasar swalayan tertentu di Pontianak dan toko oleh-oleh Bandara Supadio Pontianak.

Yang spesial adalah racikan bubuk kopi robusta-nya. 

Cari Makan Terdekat di Bawah 30 Ribu ?
Download Foodierate App